Snorkeling adalah salah satu olahraga laut yang dikenal dengan julukan selam dangkal. Snorkeling berisikan kegiatan berenang atau menyelam dengan menggunakan snorkel dan masker selam. Berbeda dengan diving, snorkeling menggunakan jarak selam yang sangat dangkal sehingga tidak membutuhkan adanya tabung oksigen. Peralatan yang digunakan pun cenderung lebih sederhana. Dengan bersnorkeling Anda dapat melihat keindahan laut dengan terumbu karang dan ikan-ikannya yang masih berada pada jarak dangkal. Untuk semakin menguatkan daya dorong kaki, Anda dapat menggunakan kaki katak atau sirip selam.

Snorkeling dan peralatannya

Snorkel merupakan peralatan snorkeling yang memiliki bentuk seperti huruf J. Snorkel dilengkapi dengan pelindung mulut yang terletak di bagian ujung bawah. Alat ini memiliki fungsi utama sebagai jalan masuk udara selama Anda menyelam, tujuannya adalah agar Anda lebih leluasa untuk bernapas tanpa perlu mengangkat muka. Anda dapat melihat pemandangan bawah laut dengan wajah menghadap ke bawah dan bernapas dengan leluasa menggunakan snorkel. Sebelum masuk ke dalam air atau menyelam, Anda dapat menarik napas dalam-dalam terlebih dahulu. Bagi penyelam scuba, snorkel digunakan sebagai alat untuk membantu menghemat oksigen di dalam air.

Bagi mereka yang tidak bisa berenang, tetap bisa melakukan snorkeling dengan menggunakan baju apung. Baju apung juga digunakan ketika menyelam pada suhu yang rendah dengan tujuan untuk menjaga suhu badan. Selain itu, baju apung juga memiliki fungsi sebagai pelindung agar tidak mengalami luka saat tergores terumbu karang atau terkena sengatan ubur-ubur. Kegiatan snorkeling hanya membutuhkan keahlian untuk bernapas melalui mulut menggunakan snorkel. Selain itu tidak ada keahlian khusus lainnya yang harus dimiliki. Pemula yang baru saja pertama kali akan snorkeling juga bisa mempelajarinya dengan cepat dari pemandu selam. Kegiatan snorkeling bukan merupakan jenis kegiatan yang dilakukan sendiri, melainkan harus dilakukan bersama teman ataupun kelompok. Jadi dapat disimpulkan bahwa snorkeling merupakan kegiatan menyelam dangkal dengan menggunakan masker, snorkel dan kaki katak.

snorkeling, wisata, pantai, lampung, pahawang, amina tour, tour murah, jakarta
Tips Snorkeling untuk Pemula

Tips snorkeling untuk pemula

Meskipun bukan termasuk olaharga ekstrim, snorkeling harus dilakukan secara berhati-hati. Terutama bagi pemula, Anda tidak bisa sembarangan memulai snorkeling tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan di dalam air. Berikut ini adalah beberapa tips snorkeling yang bisa dilakukan oleh pemula.

1.     Pengecekan peralatan

Sebelum memulai kegiatan snorkeling, Anda harus mengecek peralatan yang ada apakah masih berfungsi dengan baik. Cek snorkel apakah dalam keadaan bocor atau tidak, cek juga apakah kaki katak sesuai dengan ukuran kaki dan masih memiliki tingkat kelenturan yang baik.

2.     Selalu dekat dengan rombongan

Saat bersnorkeling pastikan untuk selalu dekat dengan rombongan. Terkadang karena keasyikan snorkeling, Anda bisa berenang terlalu jauh sehingga terpisah dari rombongan.

3.     Membiasakan diri bernafas dengan snorkel

Saat bernafas menggunakan snorkel itu berarti Anda harus bernafas menggunakan mulut. Sebelum menyelam cobalah untuk latihan dan membiasakan diri bernafas dengan menggunakan snorkel. Ada beberapa kasus dimana penyelam lupa bernafas menggunakan hidung sehingga menyebabkan air masuk ke dalam hidung.

4.     Snorkeling dengan senyaman mungkin

Bagi Anda yang tidak bisa berenang tidak menutup kemungkinan Anda akan merasa panik ketika berada di tengah-tengah kegiatan snorkeling. Jika mengalami hal yang demikian, usahakanlah untuk membuat diri Anda senyaman mungkin dan tidak panik. Ingatlah bahwa Anda tidak akan tenggelam karena sudah menggunakan baju apung.

Demikian adalah beberapa tips snorkeling yang bisa digunakan oleh para pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>