Teluk Kilauan – Teluk yang berada di sekitar 80 km dari kota Lampung ini adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal. Jaraknya memang tidak terlalu jauh namun jalanan yang berliku dan naik turun bukit sebenarnya akan cukup membuat Anda mabuk jalanan. Di sepanjang jalan Anda juga akan disuguhi oleh hamparan sawah indah dengan pemandangan pohon kelapa yang berbaris dengan rapi. Disini juga Anda bisa menjumpai beberapa spot wisata klainnya misalnya adalah kolam budidaya ikan, jejeran dari rumah penduduk asli serta ada juga rumah dengan desain multi etnis seperti Bali, Jawa, Bugis dan lainnya.

Pada saat Anda mulai memasuki kawasan Teluk Kiluan maka Anda akan mendapati ada pintu gerbang yang menuju ke Teluknya. Dan jangan lupa untuk mampir dan foto karena kawasan ini memiliki latar belakang pemandangan yang benar – benar sangat indah dengan hamparan pulau dan jua pantai dari Teluk Kiliuan yang bisa Anda lihat dari atas bukitnya. Dan setelah dari gerbang Anda masih harus menuruni bukit dengan jalanan yang cukup berkelok.

Jukung di Teluk Kiluan
Jukung di Teluk Kiluan

Teluk Kiluan adalah salah satu spot yang pas jika Anda ingin melihat adanya lumba – lumba. Namun yang menjadi catatan Anda harus menuju ke kawasan ini pagi – pagi. Sehingga sangat disarankan untuk Anda menginap di kawasan Teluk Kiluan. Sehingga pada saat Anda akan melihat lumba – lumba makan akan menikmatinya lebih enak serta Anda juga bisa berkeliling di kawasan ini. Nah jika Anda memang berencana untuk melihat lumba – lumba di pagi buta dan berencana menginap di kawasan Teluk Kiluan maka ada beberapa tips untuk Anda diantaranya adalah :

Saat mencari penginapan

Ada banyak penginapan yang tersebar di sepanjang tepi dari Teluk Kiluan. Dimana fasilitas yang diberikan juga cukup nyaman untuk Anda. Kebanyakan penginapan Teluk Kiluan ini adalah penginapan kipas angin, Dan untuk lokasinya sendiri ada di kawasan tepi. Dan tak jarang ada juga yang ada di kawasan bukit. Dan tarifnya juga beragam. Sehingga Anda harus memilih yang sesuai. Selain itu, Anda juga harus melakukan proses booking jauh hari, terutama akhir pekan karena sering penuh.

Mempersipakan Makanan dan Minuman

Sebenarnya sepanjang jalan saat akan menuju Teluk Kiluan Anda masih bisa menjumpai banyak warung dan toko yang masih menjual snack. Namun jika Anda sudah memasuki kawasan teluk maka Anda tidak akan atau cukup sulit untuk mendapati toko. Sehingga ada baiknya bawa cemilan dan juga minum secukupnya yang bisa Anda jadikan bekal. Dan untuk menu sarapan dan makan serta dinner biasanya akan disediakan oleh pihak penginapan Anda.

Lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung
Lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung

Charge semua gadget

Anda harus memastikan jika gadget Anda terisi penuh saat sebelum Anda masuk ke kawasan area Teluk Kiluan ini. Walaupun kawasan ini sudah ada listrik tapi kadang masih sering terjadi pemadaman di beberapa jam tertentu. Jika diperlukan Anda bisa juga untuk menyediakan powerbank dengan kapasitas yang cukup besar sehingga bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama

Bawalah Tas Kedap Air

Karena untuk melihat lumba – lumba di tengah laut maka Anda harus naik kapal. Karena kapalnya memang cukup sempit, maka ada baiknya untuk membawa tas kedap air. Tujuannya adalah agar barang eletronik Anda tidak terkena ombak dan hujan saat di tengah laut.

Kunjungi Teluk Kiluan Saat Musim Kemarau

Bisa dikatakan saat terbaiknya untuk Anda datang ke Teluk Kiluan ada saat musim kemarau, hal ini karena  biasanya ini adalah waktu terbaik juga untuk Anda melihat lumba – lumba, Kadang beberapa jumlahnya juga tidak banyak. Sehingga ada baiknya untuk mengumpulkan info sebanyak – banyaknya sebelum Anda berangkat ke Teluk Kiluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>