Taman Nasional Way Kambas – Berada di 110 km dari Bandar Lampung, Taman Nasional Way Kambas menjadi cagar alam tertua yang ada di Indonesia. Dimana kawasan ini menempati 1.300 km2 dari hutan yang ada di dataran rendahnya. Taman Nasional Way Kambas juga selalu dihubungkan dengan gajah, hal ini dikarenakan selain menjadi salah satu tempat perlindungan untuk banyak gajah, Taman Nasional Way Kambas juga menjadi tempat untuk mereka latihan.

Setidaknya ada sekitar 200 gajah Sumatera yang hidup di Taman Nasional Way Kambas. Dimana gajah ini adalah jenis gajah dari tiga subspesies yang diakui oleh Asian Elephant dan merupakan jenis asli dari pulau Sumatera. Secara umum, sebenarnya gajah asia ini jauh lebih kecil ukurannya jika dibandingkan dengan gajah afrika.  Sebenarnya ada gajah liar Sumatera yang sebelumnya juga pernah ditemukan di delapan provinsi di Pulau Sumatera. Namun vegetasi yang cukup padat dan juga jumlah hutan tropis yang menyusut mebuat mereka sulit untuk dihitung jumlah aslinya.

Taman Nasional Way Kambas juga sering disebut sebagai rumahnya banyak flora eksotis, dan beberapa jenis diataranya adalah pidada, api-api, rawang, gelam, salam, ketapang, cemara laut, panda, pusapa, meranti dan masih banyak lainnya yang mana jenis – jenis ini adalah flora yang cukup sulit untuk Anda temukan secara bebas di beberapa tempat. Dengan kawasan yang cukup luas sehingga tak heran jika Taman Nasional Way Kambas menjadi taman yang memang paling lengkap dan bahkan tertua di Indonesia.

Sepakbola Gajah Taman Nasional Way Kambas
Sepakbola Gajah Taman Nasional Way Kambas

Saat Anda mengunjungi Taman Nasional Way Kambas sebenarnya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui diantaranya adalah :

Tips saat di Taman Nasional Way Kambas

Untuk masuk Taman Nasional Way Kambas Anda harus mendapatkan izin di pintu gerbang, Selain itu Anda juga harus mendapatkan izin yang dikeluarkan HQ Konservasi yang ada di Bandar Lampung. Dan kantor ini ada beberapa km dari atas bukit dan stasiun bus. Anda bisa mendapatkan izin dan mendapatkan informasi lengkap dari para petugasnya

Aktivitas di Taman Nasional Way Kambas

Di dalam Taman Nasional Way Kambas ada beberapa aktivitas, disana terdapat pusat pusat pelatihan untuk gajah, ada juga atraksi gajah setiap sorenya setelah adanya pertandingan sepak bola gajah yang ada setiap akhir pekan. Selain Pusat Pelatihan Gajah ada juga Pusat pelatihan Plang ijo yang mana ini dirancang untuk menginformasikan segala jenis hal mengenai taman, satwa liar dan juga isu konservasinya.

Untuk para pengunjung biasanya tidak disarankan untuk terlibat langsung dengan kehidupan liar yang ada di Taman Nasional Way Kambas. Selain itu sebagai pengunjung Anda juga bisa mengunjungi taman yang bisa menjadi tempat yang bagus. Tamannya terbuat dari beton sehingga membuat Anda merasa berada di kota dengan kehidupan di kota. Di Taman Nasional Way Kambas juga tersedia way kanan, namun Anda tidak disarankan untuk msuk kehutan tanpa izin dan penjagaan langsung dari petugasnya karena akan berbahaya dan ada kemungkinan besar Anda bisa saja tersesat.

Sebenarnya di Taman Nasional Way Kambas juga disediakan motor boat. Dimana Anda bisa menyewanya sebagai salah satu cara untuk mengelilingi pantai. Walaupun jarak pantainya tidak terlalu panjang namun, Anda bisa menyewanya dengan harga yang juga disesuaikan. Maka liburan Taman Nasional Way Kambas bisa menjadi pilihan untuk Anda ketika liburan. Terutama untuk anda bisa berada di kawasan Sumatera dan ingin mengenal kawasan Taman Nasional Way Kambas. Apalagi untuk mencapai lokasi ini juga cukup mudah. Karena ada beberapa transportasi umum yang tersedia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>