Gua Pindul Gunung Kidul – Apakah Anda memiliki rencana liburan ke Jogja dalam waktu dekat? Jika iya, Anda wajib memasukkan Gua Pindul ke dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi selama liburan. Gua Pindul terletak di kawasan Desa Wisata Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul. Nama Gua Pindul ini berasal dari gabungan kata “pipi” dan “kebendul” yang berarti pipi yang terantuk batu.

Jangan bayangkan Anda menyusuri gua dengan berjalan kaki seperti susur gua pada umumnya. Susur Gua Pindul menggunakan ban dalam karena bagian dalam Gua Pindul merupakan sungai bawah tanah. Jadi bisa dibilang atraksi wisata Gua Pindul ini merupakan gabungan antara susur gua dengan rafting. Ini berarti keseruan menyusuri Gua Pindul menjadi dobel.

Gua Pindul Gunung Kidul Jogja
Gua Pindul Gunung Kidul Jogja

Panjang gua kurang lebih 350 meter. Jadi perjalanan menyusuri gua tidak akan memakan waktu lama, mungkin sekitar 1 jam. Lebar gua kira 4-5 meter namun di area-area tertentu lebar gua menyempit sehingga hanya bisa dilewati oleh satu ban saja. Objek utama di Gua Pindul ini adalah stalaktit dan stalagmit yang ada di seluruh dinding gua. Stalaktit ini terbentuk dari ratusan tahun yang lalu bahkan ada beberapa stalaktit yang masih tetap aktif hingga sekarang. Jadi ada kemungkinan stalaktit ini akan bertambah besar atau bertambah panjang dalam tahun-tahun mendatang.

Stalaktit dan stalagmit di Gua Pindul ini sangat menakjubkan. Ada rangkaian stalaktit yang disebut stalaktit mutiara. Ada stalagmit besar yang disebut stalagmit perkasa. Ada stalaktit yang menyerupai tirai makanya disebut batu tirai. Jika Anda menyorotkan cahaya senter ke batu tirai ini, Anda akan melihat kerlipan cahaya indah yang berasal dari pembiasan batu kristal di balik batu tirai ini. Ada juga stalaktit raksasa yang ukuran diameternya sangat besar. Mungkin 5 orang dewasa baru bisa mengelilinginya. Stalaktit raksasa ini dinamakan Soko Guru karena dianggap sebagai penyangga Gua Pindul. Anda tidak akan menjumpai stalaktit raksasa seperti stalaktit Soko Guru di gua-gua lain di Indonesia.

Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah tidak semuanya gelap karena ada area-area tertentu dimana sinar matahari bisa menyelusup masuk. Salah satu area paling menakjubkan tempat sinar matahari bisa masuk adalah area menjelang akhir perjalanan. Berkas-berkas sinar matahari yang masuk gua saking indahnya diberi julukan “cahaya surga” oleh masyarakat sekitar. Sinar matahari ini memantulkan air sungai bawah tanah yang berwarna hijau. Membuat area ini menjadi spot favorit untuk foto-foto. Di area ini juga menjadi pintu masuk bagi wisatawan yang ingin mencoba ravling atau turun ke gua dengan menggunakan tali temali.

Waktu terbaik mengunjungi Gua Pindul adalah pada pukul 10-12 siang dan pada saat musim kemarau di saat arus sungai bawah tanah Gua Pindul cenderung tenang dan debit sungai tidak tinggi. Kalau musim hujan, debit sungai bawah tanah akan naik belum lagi arusnya yang semakin deras jadi perjalanan menyusuri gua akan sedikit berbahaya bahkan sering kali Gua Pindul ditutup selama musim hujan. Disarankan untuk mengunjunginya pukul 10-12 siang karena di waktu-waktu ini sinar matahari tepat berada di posisi vertikal lurus dengan bukaan vertikal Gua Pindul. Jadi sinar matahari yang masuk ke dalam gua benar-benar akan menyerupai cahaya surga yang turun ke bumi.

Jalur menuju Gua Pindul agak terpencil jadi disarankan untuk menggunakan jasa biro tour wisata yang sudah paham arah dan medan perjalanan menuju ke sana. Biro tour yang direkomendasikan untuk Anda adalah Amina Tour. Amina Tour akan mengakomodasi perjalanan wisata menuju Gua Pindul dan atraksi wisata lain di sekitarnya termasuk rafting di Kali Oya. Tunggu apa lagi? Segera hubungi Amina Tour untuk mengatur perjalanan wisata Anda ke Gua Pindul . Selamat berlibur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>