Susur Kali Oya – Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai liburan di Yogyakarta, Anda pasti sudah mendapatkan informasi mengenai susur Gua Pindul di Gunung Kidul. Susur Gua Pindul memang sudah menjadi atraksi wajib yang perlu dilakukan saat liburan di Jogja. Tapi tahukah Anda bahwa ada satu atraksi yang tidak kalah mengasyikkan dari susur Gua Pindul dan letaknya pun tidak jauh dari Gua Pindul? Atraksi ini yaitu susur Kali Oya.

Susur Kali Oya ini merupakan atraksi rafting. Tapi metodenya berbeda dari rafting pada umumnya yang menggunakan perahu karet dan dayung. Susur Kali Oya menggunakan ban dalam mobil dan peserta susur hanya perlu mengayuh dengan tangan agar ban bisa bergerak di kali. Jadi atraksi wisata susur Kali Oya ini bisa dibilang atraksi yang peduli lingkungan karena memanfaatkan barang tidak terpakai yaitu ban dalam bekas.

Susur Kali Oya Gunung Kidul Jogja
Susur Kali Oya Gunung Kidul Jogja

Letak Kali Oya tidak jauh dari lokasi Gua Pindul. Jarak keduanya kurang lebih 1 km. Makanya kebanyakan wisatawan selepas dari mengunjungi Gua Pindul langsung beralih ke susur Kali Oya. Waktu tempuh susur pada musim kemarau biasanya memakan waktu sekitar 2 jam karena debit air yang rendah membuat arus kali pun jadi tidak deras. Pada musim hujan, arus kali menjadi deras jadi waktu tempuh susur jauh lebih singkat. Hanya dalam waktu sekitar 45 menit Anda sudah bisa mencapai titik finish susur. Bagi Anda yang tidak begitu pandai berenang disarankan untuk datang pada musim kemarau. Sebaliknya bagi Anda yang hobi olahraga air serta menyukai tantangan maka Anda bisa datang ke Kali Oya pada musim hujan.

Sepanjang perjalanan menyusuri Kali Oya Anda akan disuguhi pemandangan hijau di kiri kanan sungai. Selain pemandangan hijau, ada titik tertentu dimana kali diapit oleh tebing batu. Pengalaman ini akan membuat Anda seakan-akan sedang menyusuri Grand Canyon. Bebatuan di sungai ini cukup banyak dan memberikan tantangan tersendiri bagi Anda untuk menghindarinya. Tapi Anda tidak perlu khawatir terjebak di sungai karena ada pemandu yang akan membantu Anda melepaskan diri dari bebatuan sungai.

Di tengah perjalanan terdapat dua air terjun yang disebut Seling Indah. Di antara kedua air terjun ini ada jembatan bambu yang menjadi tempat terjun favorit para peserta susur kali. Air di antara kedua air terjun ini cukup dalam sekitar 3 meter, jadi aman untuk lompat indah dari jembatan bambu. Lokasi air terjun ini juga lokasi yang cocok untuk foto-foto dan istirahat sebelum kembali melanjutkan perjalanan hingga ke titik perhentian.

Susur Kali Oya Gunung Kidul Jogja
Susur Kali Oya Gunung Kidul Jogja

Tingkat kesulitan susur Kali Oya ini rendah jadi semua orang bisa menikmatinya bahkan orang yang tidak bisa berenang sekalipun boleh megikuti kegiatan susur kali Oya. Keamanan dan keselamatan tiap peserta dijamin seratus persen terbukti dengan diberikannya jaket pelampung dan helm (setiap peserta wajib mengenakannya) dan adanya pemandu yang selalu mendampingi dalam perjalanan menyusuri kali.

Di titik pemberhentian, peserta akan dijemput dengan menggunakan pick up menuju base camp pengelola untuk kemudian dijemput oleh pihak agen tour masing-masing atau pulang dengan kendaraan masing-masing. Para wisatawan luar Jogja mungkin akan sedikit kesulitan menemukan lokasi Kali Oya karena letaknya yang terpencil. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan jasa agen tour yang menyediakan paket tour menuju ke sana contohnya Amina Tour. Dengan menggunakan jasa agen tour, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari transportasi menuju ke sana ataupun mengurus pembelian tiketnya karena semua sudah diurus oleh agen tour. Anda cukup menyiapkan diri untuk menikmati keseruan susur Kali Oya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>